Profil Mbah Surip -Tak Gendong

Monday, June 22, 2009

Tak gendong kemana-mana Tak gendong kemana-mana Enak donk, mantep donk Daripada kamu naik pesawat kedinginan Mendingan tak gendong to Enak to, mantep to Ayo.. Kemana
..............
Masyarakat Indonesia yang sering menonton televisi,dan terutama pecinta musik dan kesenian pasti akan tahu lirik ini dan mengenal sosok yang menyanyikannya yaitu Mbah Surip. Tiap hari kita melihat video klip Lagu yang berjudul "Tak Gendong" sering tampil di berbagai acara musik di Televisi. Dengan rambut gimbal penuh asseories rasta ala penyanyi Reggae, serta dengan tawanya yang lepas Ha ha ha ha telah membuat Mbah Surip dikenal luas masyarakat Indonesia.

Sewaktu dengerin lagunya, lucu banget dan sederhana sekali liriknya tapi tetap memiliki arti yang dalam. Namun siapakah sebenarnya Mbah Surip ini ? Bagaimana perjalanan hidupnya sehingga dapat menjadi orang terkenal saat ini ?

Awal Kehidupan Mbah Surip

Mbah Surip dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1949 di Mojokerto Jawa Timur. Dilahirkan dengan nama Urip Ariyanto. Saat ini Mbah Surip berstatus duda dengan empat anak dan sekaligus juga sebagai kakek dengan empat cucu. Menurut pengakuannya Mbah Surip termasuk orang yang senang sekolah, Mbah Surip memiliki ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs. sama insinyur dan MBA. Selain sebagai penyanyi, Mbah SUrip pernah merasakan pengalaman bekerja di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain-lain bahkan pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania dan California. Namun Merasa nasibnya kurang baik, Mbah Surip mencoba peruntungan dengan pergi ke Jakarta. Di Ibukota Jakarta, ia bergabung dengan beberapa komunitas seni seperti Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki. Pada suatu waktu, nasib menentukan lain. Mbah Surip mendapat kesempatan untuk rekaman dan akhirnya meraih kesuksesan seperti sekarang.

Perjalanan di Dunia Musik

Dalam perjalanan musiknya Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004). Namun ternyata lagu Tak Gendong diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip Filosofi dari lagu ini yaitu Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah.Hmm..



Mbah Surip tampil juga lewat video klip “Witing Trisno” karangan Tony Q Rastafara di MTV. Ciri khas dari setiap aksinya di panggung musik yaitu selalu ditemani "Gitar Kopong" nya, menyanyi dengan sangat relax dan nyanyi “ngalor-ngidul” dengan gaya-nya yang khas; kocak, gila, dan bebas ekspresi.

Karakter inilah yang membuat Emha Ainun Najib atau Cak Nun sering menggambarkan sosok Mbah Surip adalah gambaran “Manusia Indonesia Sejati” yang tidak pernah merasa susah, tidak pernah gelisah, tidak pernah sedih dan selalu tertawa, meskipun seringkali di ledek orang Mbah Surip tetap saja tertawa tidak pernah dendam, atau membalas ledekan tersebut. Bahkan terkadang Mbah Surip bingung untuk pulang karena kehabisan ongkos. Hasilnya Mbah Surip mengejawantahkan kesusahannya dalam sebuah lagu “minta ongkos pulang”. Dalam lagu tersebut Mbah Surip bercerita tentang pacarnya, meskipun kita ragu kalau Mbah Surip pernah berpacaran. Pada bait akhir lagunya mbah Surip meminta sesuatu kepada yayangnya (panggilan Mbah Surip kepada pacarnya dalam lagu tersebut),

Yang, boleh ga aku pegang tanganmu ?.. boleh, boleh boleh..
Yang, boleh ga aku cium kamu ?, ..boleh, boleh boleh…
Yang, boleh ga aku minta ongkos pulang ?,… boleh, boleh boleh…

Selain lagu Hit Tak Gendong lagu Mbah Surip lainnya sudah sangat dekat dan bersahabat di telinga Cak Nun dan jamah kenduri cinta, diantaranya: “Bangun Tidur, atau Turunkan harga minyak angin”. Bahkan lagu Tak Gendong sempat di tayangkan video klip nya di stasiun televisi swasta. Terkadang mbah Surip mambawakan lagu tanpa syair dan tanpa nada dengan judul “diam bersama atau saling memandang” . Namun yang terjadi bukannya penonton diam atau saling memandang malah membuat orang tertawa terbahak-bahak.
Ha ha ha ha I Love you Full !!

Lirik Lengkap Lagu "Tak Gendong"

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana

Enak donk, mantep donk

Daripada kamu naik pesawat kedinginan

Mendingan tak gendong to

Enak to, mantep to

Ayo.. Kemana


Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana

Enak tau


Where are you going?

Ok I’m

Where are you going?

Ok my darling


Ha…Ha…

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak donk, mantep donk
Daripada kamu naik taxi kesasar
Mendingan tak gendong to
Enak to, mantep to
Ayo.. Mau kemana

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak tau

Where are you going?
Ok I’m
Where are you going?
Ok my darling

Profil Mbah Surip :

Nama Lengkap : Urip Ariyanto
Nama Beken : Mbah Surip
Tempat Lahir : Mojokerto, Jawa Timur
Tanggal Lahir : 5 Mei 1949
Gelar Pendidikan : Drs, Insinyur dan MBA
Resep sehat : Jangan makan yang nggak kamu sukai dan bergaullah dengan orang yang kamu sukai.
Pekerjaan lama : Engineer di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain2
Makanan Favorit : Perkedel kentang
Minuman Favorit : Kopi hitam
Aliran Musik : Reggae
Jargon : I Love You Full

Video Clip "Tak Gendong" Versi Lama



Video Clip "Tak Gendong" Versi Baru



Sumber : (oktavita.com, liputan6.com,kenduricinta.com dll)

Baca Artikel Lainnya



17 comments:

Anonymous June 22, 2009 at 10:36 AM  

mantap gan,gw suka nih org,low profil walaupu gelar da insinyur sama perawakan yg apa ada nya,org indo sejati bgt deh

Anonymous June 22, 2009 at 8:18 PM  

:))

Anonymous June 22, 2009 at 8:44 PM  

maJu trus dgn karya2 mu mbah surip...Ane dukung..
gw demen nh org yg ky gini... dr pada ky dewi persik, kebanyakan Gaya, kampungan!!!....Hiduppp mbah suriP...

mushashi June 22, 2009 at 11:35 PM  

orang yang apa adanya, hidup tenang, santai man....i love you pull... :))

oulla June 23, 2009 at 6:24 AM  

Kerennn...gk nyangka,,salut sama mbah surip...ngasih inspirasi banget buat gw!

Lazwardi Muttaqin June 23, 2009 at 6:33 AM  

mbah surip mantep banget. dunia musik kita makin semarak.

sarie June 24, 2009 at 2:42 AM  

hehhehehe,,, saya jujur baru tau mbah satu ini skrang2 ini, tapi lucu emang. Ga nyangka backgroundnya educated gtu, salud deh!!

keep rock in!!

catatansikem June 24, 2009 at 4:23 PM  

ckckckc..salut sama mbah surip..low profile bangeettt..terus berkarya mbaaahhh

Anonymous June 25, 2009 at 11:30 PM  

=))lucu tau....

Anonymous June 27, 2009 at 11:33 PM  

don't judge a book with cover. . .

harusnya presiden kita tuh kaya gini. cerdas dan merakyat abiZZz

Anonymous July 13, 2009 at 6:36 AM  

mbah surip tak gendong toh,,,,,,,,kemana?
ke tempat sarap!

hahahahah..........

Lanjutkan mbah!

gw tunggu karya sarap mu yg bikin ngakak..!
Ha ha ha hah

ekojuli July 13, 2009 at 11:58 PM  

Mbah Surip yang fenomenal....

I loph Yu Full

Tau ga, Dari "Tak Gendhong" Mbah Surip dapat Royalty 4,5 Milyard....

disini beritanya:

http://ekojuli.wordpress.com/2009/07/14/wuih-dari-tak-gendhong-mbah-surip-dapat-royalty-45-m/

I loph Yu Poollll Mbahhhhhhhhhhh

Sapa mau digendhong???

Haaaaaaaaaaa Haaaaaaaaaaa Haaaaaaaaa

Kombes.Com Bookmarking July 18, 2009 at 7:36 PM  

Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger meberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

wahyu aji July 19, 2009 at 5:35 PM  

nggak nyangka, gelarnya berjubel gtu. mana dah pengalaman engineer dimana-mana. malu aq ma aq sekarang ini.......
Salute 4 mbah Surip!!!!!
I luv you full.......

Anonymous July 24, 2009 at 11:03 AM  

dibalik ksederhanaanya, siapa sangka mbah surip pnya gelar segambreng..
tlong donk kbrn gw klo pnya contact personnya mbah surip, ato managementx gt

Anonymous July 24, 2009 at 8:13 PM  

muanttaap suranntaap dah bwt mbah surip, saluut eui,selain musisi tetapi ga lupa sama dunia pendidikan dan jiwa sosialnya tinggi. top dah pokoknya

Anonymous August 3, 2009 at 11:31 PM  

innaillahiwainnaillahirodjiun... Selamat jalan mba surip, semoga arwahmu diterima disisi Allah, seluruh kelgmu diberikan ketabahan, karya2mu selalu dikenang dan semangatmu dpt diterus oleh kami semua generasi muda bangsa Indonesia... Kami bangga memiliki legend sprtmu. I love u full mbah surip..
250380

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar anda tentang blog ini

  © Template Blogger Gratis Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Kembali ke ATAS